Jumat, 31 Oktober 2008

10 istilah dengan kata "Hati"

Bahasa indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa, namun terkadang kita sebagai bangsa indonesia tidak luput dari kesalahan dalam penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar.

Bahasa indonesia kaya akan istilah, salah satunya adalah istilah yang kalau kita pasati banyak sekali menggunakan 1 kata namun berbeda maknanya.

Salah satu contoh istilah tersebut adalah dengan penggunaan kata "Hati". Dalam ilmu biologi hati merupakan bagian organ tubuh yang berfungsi sebagai penawar racun, namun apa hubungannya dengan istilah, biasanya di bahasa kita penggunaan istilah terutama dengan kata hati sangatlah beragam, terkadang istilah tesebut masih banyak yang belum mengetahui apa arti dari istilah yang dipaka. Nah berikut 10 istilah yang menggunakan kata "Hati" :



1. Buah hati, artinya anak kandung dari hasil penikahan yang merupakan darah daging kita sendiri.

2. Rendah hati, artinya orang yang suka merendah diri atau dalam artian tidak suka memlebihkan atau membesarkan kemampuan sendiri, cenderung bersikap merendah dihadapan orang lain.

3. Tinggi hati artinya orang yang suka angkuh atau sombong, dan sering merendahkan orang lain, suka menaikkan derajat dirinya / harga dirinya melebihi harga diri yg sesuai dengan nya

4. Sakit hati artinya orang yang perasaannya tidak enak akibat ulah seseorang, atau dalam masalah yang pelik.

5. Patah hati adalah orang yang sedang putuh cinta, atau sedang ada masalah dalam hal percintaan.

6. Hati-hati adalah istilah untuk dapat berwaspada terhadap tindakan yang dilakukan.

7. Makan hati adalah perasaan yang merasa sangat tersiksa dan biasanya rasa itu cenderung dirasakan dalam waktu yang lama.

8. Busuk hati adalah orang yang memiliki sifat yang tidak terpuji seperti, tidak suka melihat orang lain senang, dan cenderung bersifat tidak jujur.

9. Berat hati adalah orang yang sedikit sukar menerima kenyataan, biasaya dikarenakan banyak faktor. sulit untuk melepas sesuatu yang sekiranya sudah pantas untuk dilepas

10. Kuat hati adalah orang yang tabah akan cobaan dan ujian, dapat menahan diri agar tetap tabah dalam menjalani segala sesuatu yang sedang dihadapi dan terasa sulit untuk menjalankannya

2 komentar:

trendy mengatakan...

masih banyak am!
hati ayam!
ulu hati!
sampai hati!
dan lain2!
wekekekekek!

septy mengatakan...

hati hati... nti mudah jatuh hati :D ~ septy banget