Senin, 01 September 2008

Cendol Ijo dibulan Puasa

Hohoh... mendengar cendol ijo... emang maknyus.... secara bulan puasa gini, pasti demen yg namanya ES, soalnya selama kita puasa dari pagi hingga petang, menahan haus, lapar dan nafsu2 yang lain, pasti kalo tiba waktu BerBUKA, semuanya pada Balas Dendam.. hehhe

Sebelumnya saya mo ucapin dulu "Selamat Menunaikan Ibadah Puasa" kepada temen2 semua yang menjalankannya, harusnya H-1 kemarin saya posting soal bulan Ramadhan, namun karena badan ini tidak bisa dikompromi jadilah hari pertama puasa ini saya postingnya.

Kenapa dengan badan saya, Yups saya sekarang sedang sakti, biasa sakit flu, pilek + batuk.. dikarenakan musim di palembang 1 minggu terakhir ini selalu diguyuri HUJAN... jadilah saiah yang kurang menjaga kesehatan dan harus memelihara virus influenza ini... (pokoknya aku harus cepat sembuh)

Kalo pada bulan puasa orang2 pada sibuk nyari makanan buat berbuka puasa, namun tidak dengan saia.. Saia harus menahan selera untuk makan yang manis dan dingin karena saia lagi Flu.,

Taukah kalian makan yg identik klo lagi bulan puasa, yups salah satunya adalah Es Cendol... saia jadi sedih karena saia cuma bisa bengong liat orang lian makan cendol, namun saia juga gak begitu sedih.. kenapa.. karena saia juga punya cendol ijo yang selalu mampir di hidung dan kerongkongan (ing*s) ehhehe jorox banget ya saia...

Namun itulah yang saia rasakan...kapan ya cendol ijo ini bakal berhenti.. and saia bisa menikmati cendol beneran.. ngomong2 soal cendol.. Es cendol merupakan penganan yang paling favorit di bulan puasa ini.

Es Cendol adalah es yang dibuat dari campuran santan, gula merah, es batu, dan cendol nya sendiri. biasanya cendol berwarna hijau, warna hijau didapat ketika proses pembuatannnya yang memakai daun pandan dan menjadikan cendol lebih lezat dan wangi.

di Daerah palembang cendol yang menurut saia sangat lezat, iyalah es cendol "Kabayan", letaknya di jalan basuki rahmat. deket toko bongsai (aduh lupa namanya) pokokonya sebelum RM. Pagi Sore.. nah es cendol disana sangat enak, gula merahnya enak banget, harganya cukup murah yakni Rp.3000.. teman2 semua bisa menikmati cendol yang enak itu disaat buka puasa tiba..

Selain cendol banyak juga jenis makanan tradisional indonesia digandrungi para ibu-ibu, salah satunya kolang-kaling, menurut wikipedia Kolang-kaling adalah cemilan berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dengan rasa yang menyegarkan, dalam bahasa belanda yaitu glibbertjes, kolang-kaling merupakan biji pohon aren yang bentuknya pipih dan bergetah, pada proses pembuatannya biasanya dilakukan pembakaran terhadap buah aren sampai hangus, kemudian bijinya direbus selama beberapa jam. setelah direbus direndam dalam larutan air kapu selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.

Oh ya kolang-kaling memiliki karbonhidrat yang cukup tinggi, sehingga membuat perut serasa kekenyangan, merupakan jenis makanan yang cocok dikonsumsi ketika mejalani program diet.

Pantes sehabis makan nasi trus minum es kolang-kaling, perut saia rasa mau pecah. and ujung-ujungnya gak jadi teraweh deh.. kekkee..

Selain Es Cendol dan Kolang-kaling, ada makanan satu lagi yg jadi ciri khasnya bulan puasa, yaitu Kolak, yups kolak juga menjadi makanan favorit dikeluarga saia jika bulan puasa tiba. bahan2 nya hampir sama seperti es cendol namun bedanya tidak diberi es dan biasnya dinikmati dalam keadaan hangat.

jenis-jenis kolak :
  • Kolak Pisang, pisang yang digunakan bermacam-macam sesuai selera anda masing-masing
  • Kolak Ubi, nah disini menggunakan ubi jalar, rasanya enak banget..
  • Kolak Ketan Durian
  • Kolak Biji salak, dan masih banyak lagi
Mm... emang buka puasa mejadi moment2 yang ditunggu-tunggu bagi setiap siapa saja yang sedang berpuasa, makanya moment ini digunakan orang sambil merayakan sesuatu, seperti meeting kerja, atau hanya sekedar silahturahmi...

Oh ya ada satu lagi yang berhubungan dengan bulan puasa, yaitu pasar beduk. Pasar Beduk adalah pasar yang hanya beroperasi pada bulan puasa, biasanya pasar ini menyajikan berbagai makanan untuk berbuka puasa. Pasar ini dibuka sekitar pukul 2 siang hingga waktu buka puasa tiba. Di daerah jambi tempat tinggal saya (namun saya sekarang dipalembang) hampir disetiap daerah mempunyai pasar beduk dan jika waktu menjelang buka tiba, pasar ini sangat ramai, layaknya pasar subuh di tiap paginya...

Hmmm... beraneka ragam makanan dan minuman asli dari indonesia, semuanya menggugah selera dan pastinya bikin semangat kita puasa.... soo.. tetep semangat ya puasanya.... jangan sampa bolong..

3 komentar:

trendy mengatakan...

emang ado ye cendol yang warnonyo selain ijo!
kalor ijo!
wekekekekk
belom pernah aku nyicip kolak biji salak!
lemak dak om!

Nike mengatakan...

Seger euy fotonyo, besok beli cendol ah...
Cendol sama ga sama dawet ?

Ilham mengatakan...

@nike, es cendol sama es dawe itu sama saja, cuma kalo dalah bahasa jawa es cendol disebut es dawet, nah biasanya diupacara penikahan orang jawa ada tradisi yaitu upacara dodol dawet ( jualan cendol )