Kamis, 28 Agustus 2008

Nasi, Beras, Padi

Taukah kalian apa bedanya Nasi, Beras, dan Padi...
buat yang belom tau, kali ini saya mo bahas tentang tiga istilah ini yang sebenarnya sama.... :D

Ok let's begin :
1. Padi, adalah tanaman pangan yang sudah dari dulu dibudayakan oleh bangsa indonesia, padi merupakan penganan yang biasa dipanen setiap 1 tahun sekali.

2. menurut wikipedia beras adalah butir padi yang telah dipisah dari sekam (kulit padi) atau kalau bahasa saya, beras adalah butir padi yang siap diKarungkan dan dijual di pasar. rata-rata harga beras sekarang sudah mencapai 100 ribuan lebih.

3. Nasi adalah beras yang sudah dimasak dengan cara direbus dan ditanak.

4. Bubur adalah nasi yang dimasak dengan air yang berlebih.

Nah sklusnya yaitu, dari padi -> beras -> Nasi
hehhe... jadi awal mulanya saya mo posting ini ketika saya beberapa pekan lalu berlibur ke desa salah satu dosen saya, namanya desa glebek dalam. disana kami bersama temen2 duduk di sawah sambil menikmati angin yang sejuk dan hijaunya tanaman padi dan kebetulan pada saat itu lagi musim panen.

Pada saat itu kami sama temen2 makan nasi bungkus diatas pondok deket sawah, nah salah satu temen saya ada yang gak habis makannya.. trus dia kasih ke saya, tapi karena saya pun kekenyangan jadi saya tolak. lalu dia berkata, sayangkan nasinya kalo dibuang, ada yang penah dengar blom kalo "Satu butir beras itu dihasilkan dari berjuta-juta keringat"... lalu saya termenung memikirikan perkataan itu, emang benar untuk mendapatkan satu butir beras perlu extra kerja keras, kita sebagai orang awam biasa, seenak nya saja membuang nasi yang tidak habis.. kasihan kan petani, capek bertani, trus belom lagi pada saat panen, mengemasnya lagi dalam bentung karung beras... kalo kita kan enak cuma tinggal beli... apa lagi zaman sekarang harga beras semakin tinggi...

Balik2 kita kudu patut bersyukur atas nikmat yang selama ini kita dapat. Nasi merupakan makanan pokok bagi warga indonesia, karena nasi menggandung karbonhidrat yang banyak yang mampu membuat perut kita kenyang dan tidak mudah lapar, walaupun ada waktu2 nya. Jadi jika bulan puasa tiba disarankan untuk mengkonsumsi nasi pada saat sahur dan berbuka puasa karena untuk mengembalikan stamina kita yang hilang.

Variasi Nasi kini makin beragam :
1. Ada yang namanya "Nasi Goreng", sudah pada tau kan makanan ini, makanan ini menjadi favorit saya kalo sedang maken bareng di GOR.
2. Ada yang namanya "Nasi Minyak", nasinya berwarna kuning dan biasanya ada di acara pernikahan,
3. Ada yang namanya "Nasi Liwet", nasih khas penganan jawa ini rasanya enak banget, dicampur dengan bumbu dan ada sedikit ikan teri nya... top deh
4. ada "Nasi Uduk", nasi yang dimasak dengan santan dan bumbu rasanya juga maknyus banget, biasanya dikonsumsi pada pagi hari, untuk sarapan pagi.
5. ada "Lontong", beras yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi keras dan dibungkus dengan plastik atau daun pisang, merupakan campuran dari lontong sayur, sate, atau gado-gado.
6. ada "Bubur Ayam", pada tau semua kan, nasi yang dimasak dengan air yang lebih dan disajikan dengan kuah ayam dan taburan ayam iris dan kerupuk. pokoke... bagoess.

Selain bangsa indonesia, Orang jepang juga mengkonsumsi nasi, salah satu makanannya yaitu "SHUSI", makanan jepang yang terdiri dari nasi dan dicampur dengan lauk, biasanya berupa seafood seperti udang dan ikan, lalu sayur dan daging yang masih mentah atau sudah masuk.
Rasa nasih Shusi yaitu asam namun asamnya sedikit karena dibumbui campuran cuka beras dan garam serta gula.

selain dibuat makanan seperti diatas, beras juga diolah menjadi "TEPUNG BERAS", nah biasnaya tepung beras bahan dasar dari berbagai macam kue tradisional seperti : Nagasari, kue serabi, dll. (hhehe saya kurang hafal)..

Nah dari 1 jenis tanaman saja kita sudah mencicipi beraneka ragam jenis makanan yang lezat-lezat. Indonesia kaya akan makanan yang unik-unik ya....



3 komentar:

melih mengatakan...

ada satu lagi nama nasi yang belom disebutin...........?
"NASI"b ku kenapa gak kaya kaya???

trendy mengatakan...

kalo nasi sudah menjadi bubur gimana tuh!
wekekekekek!

surauinyiak mengatakan...

hmmm..... enak nih...:)
ternyata nasi lebih enak dari roti ya, apalagi makannya di alam yg sejuk dan menentramkan...
wuih, jadi kepengen...:)