Minggu, 24 Agustus 2008

Kucing, Meoong...


Sebab saya ingin posting tentang kucing, karena seringnya saya melihat patung kucing emas yang ada ditoko-toko yang saya kunjungi, hal itu membuat saya bertanya tanya kenapa ada patung kucing emas yang sedang memegang uang logam cina dan tangannya melambai-lambai seolah olah memanggil seseorang. ketika saya tanyakan kepada pemilik toko dan juga merupakan warga tionghoa, dia menjelaskan patung kucing itu dipercaya oleh budaya china sebagai pembawa rejeki. nah kali ini saya mau bahas tentang hewan imut yang satu ini.

Semua orang pasti tau dengan hewan yang benama kucing, ya kucing adalah hewan lucu yang berkaki empat dan memiliki bulu yang halus, nama latin dari kucing adalah Felis silvestris-catus. Menurut Sejarah, kucing sudah ada 3500 tahun yang lalu, wuihh.... lama juga ya, nah pada saat itu hewan kucing digunakan pada zama mesir kuno untuk mengusir tikus dan hewan pengerat lainnya. Di zaman itu kucing dipercaya sebagai jelmaan seorang dewi yang benama bast, bast merupakan dewi pelindung rumah dan pelindung ladang dari serangan tikus. Dewi bast juga terkadang terlibat dalam peperangan dan menjelma menjadi singa betina. Dewi bast adalah anak dari dewa matahari Ra.

Di kebudayaan jepang neko dalam bahasa jepang yaitu kucing juga menjadi simbol keberuntungan. selain mesir, jepang dan china, cerita nabi kita Nabi Muhammad SAW juga memiliki hewan favorit yaitu kucing yang bernama Muezza, saya jadi teringat pesan ibu saya
yang melarang saya sedang memukul seekor kucing, kucing adalah hewan kesayangan nabi, ujarnaya.

Beberapa ras kucing yang murni antara lain persia, siam, manx, sphinx. kucing kucing yang memiliki ras seperti itu jaman sekarang sulit ditemukan karena itu merupakan ras asli dari kucing sebenarnya. Jadi kucing kucing yang ada sekarang adalah hasil kawin campur yang biasa disebut kucing liar atau kucing kampung.


Cerita saya soal hewan ini cukup banyak, ketika itu saya masih berumur 8 tahun, saya dan adik saya memelihara seekor kucing putih, namun ekornya hitam. dia kami beri nama "simba". kucing betina kami itu sering kami beri makan dan tampak gemuk sejak tinggal bersama kami. karena simba sering mengandung dan melahirkan anak, ibu ku lalu membuangnya, perasaan sedih pasti ada karena selama ini kami sering merawat dan menjaganya. Ibuku bilang kalo mau memelihara kucing, lebih baik pilih yang jantan karena tidak akan pernah melahirkan. Pernah suatu hari ketika itu kucing kami si Simba melahirkan anak 3 ekor, lalu dia meninggalkan anaknya yang terus mengeong, karena sudah dua hari tidak pulang akhirnya adik saya yang memberi anak2 kucing tadi susu, namun walaupun diberi susu dan diselimutkan karena kedinginan, ternyata yang namanya bayi tidak bisa lepas dari ibunya. pada akhirnya anak simba tadi mati, dan kami pun menguburnya di pekarangan rumah.

Hewan kucing selain lucu dan lincah juga memiliki beberapa mitos, salah satunya mitos kucing jantan be belang tiga dipercaya sebagai raja dari segala kucing dan membawa kekayaan bagi siapa yang memeliharanya, namun sampai detik ini saya tidak penah menjumpain yang namanya kucing jantan berbelang tiga. konon katanya jika seekor kucing betina melahrikan anak kucing berjenis kelamin jantan dan berbelang tiga maka dia akan memakannya. wuihh cerita yang aneh ya.

Ada variasi dari suara kucing, kalo dalam bahasa indonesia dituls "meong", namun dalam bahasa inggris amerika sering ditulis "meow", bahasa inggris "miaow", dalam jerman yaitu "miau", dan "nya" dalam jepang.

Selain itu juga bentuk kucing yang cukup unik banyak dipakai untuk karakter film kartun, seperti Doraemon, Felix the Cat, Tom and Jery, Sylvester dalam film Tweety, dan hello Kitty. kata kucing pun populer di indonesia ketika dikeluarnya lagu dangdut yang berjudul "Kucing Garong". Kata kucing juga dipakai menjadi nama sebuah pulau di Indonesia, yaitu pulau kucing, ada juga nama buah yaitu buah mata kucing, hampir mirip dengan buah lengkeng namun ukurannya lebih kecil dari lengkeng. begitulah cerita saya tentang kucing, ada cerita lain ?

4 komentar:

bowbee mengatakan...

Nah, ini dia ni binatang yang kusuka...

Namun hati-hati juga, soalnya kucing memiliki beberapa penyakit yang patut diwaspadai, seperti rabies, Toxoplasmosis, ringworm, flea, dan bakteri akibat gigitan dan cakaran kucing...

Triana mengatakan...

aku suka kucing, tapi gak suka megang2 kucing, alergi sama bulunya.

Free MP3 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
trendy mengatakan...

saya suka kucing saat si meong menagkap tikus yang ada dirumah saya!
saya benci kucing saat maling jatah ayam atau ikan punya saya!