Rabu, 13 Agustus 2008

Cinderella Masjid

Taukah kamu kata2 ini "pergi dengan sendal pulang dengan sepatu", hal ini yang selalu menjadi pengalaman bagi setiap orang yang ingin berIbadah Sholat Jum'at di masjid.

Pengalaman pencurian sendal atau sepatu dimasjid cukup sering saya alami selama ini, pengalaman pertama saya ketika sendal saya dicuri adalah ketika saya berumur 8 th, pada saat itu saya diajak temen saya untuk sholat Jum'at di masjid yang cukup jauh dari rumah saya.

Waktu itu saya menggunakan sendal yang cukup mahal, pada masa itu sendal yang lagi trend adalah sendal "Carvil" nah jadi ceritanya saya pergi dengan sendal itu untuk sholat jum'at, padahal sebelum pergi saya sudah di wanti-wanti sama kakak saya untuk tidak memakai sendal baru, dia menyarankan untuk pakai sendal yang biasa saja, karena dia juga sering kehilangan sendal.

Karena saya ini keras kepala akhirnya Sendal itu pun lenyap juga, waktu saya mau pulang dan mencari sendal, sendal saya cuma tinggal satu, (jadi inget cerita Cinderella yang ninggalin sepatunya sebelah di tangga istana) namun ini bukan cinderella yang akhirnya Happy Ending.

Ujung-ujungnya saya harus menahan rasa tangis ketika saya habis dimarahin oleh kakak saya yang menuntut sendalnya balik lagi..

Itu pengalaman saya yang paling kurang menyenangkan, akhirnya saya enggan lagi menggunakan sendal bagus kalo pergi sholat ke Masjid.

Kehilangan Sendal kira-kira sudah lebih dari 3 kali saya alami, dan saya merasa sangat berdosa karena waktu kehilangan sendal yang kedua saya malah mengambil sendal orang lain, ... saya sangat menyesal atas perbuatan itu..

Ngomong-ngomong soal sendal atau sejenisnya saya mo kupas tentang alas kaki yang satu ini,
Sendal adalah alas kaki yang bermodelkan dengan pada bagian jari kaki terbuka. Bagian alas (sol) disambung dengan tali atau sejenisnya guna sebagai penjepit bagi jari kaki.

Jenis Sendal :
  1. - Sendal Jepit, sendal ini biasanya disebut sendal jepang yang bentuk dan modelnya standar yaitu ada alas kaki dan tali penjepit agar alas tidak lepas dari kaki
  2. - Sendal (selop), jenis sendal ini biasanya pada bagian jari tertutup dan bagian tumit kaki terbuka, sendal ini juga disebut sepatu sendal.
  3. - Sendal Terbang, jenis sendal satu ini bakal mucul kalo ada orang yang sedang marah.. hehehhe
Gambar dari sendal jepang :
Asal kata sandal yaitu sandalion dari bahasa yunani yang diserap ke dalam bahasa latin (sandalium), kalo dalam bahasa perancisnya yaitu Sandalae. Dulunya Sendal berawal dari alas kaki pada bangsa Romawi dan Yunani kuno. Pada waktu itu, sol dibuat dari gabus, sedangkan bagian penutup dibuat dari kulit yang disatukan dengan bagian alas dengan cara menjahitnya. Bagian jari kaki dibiarkan terbuka, dan dilengkapi dengan sabuk atau tali agar tidak terlepas dari kaki pemakai.

Menurut History nya sendal memang sudah ada di jaman romawi dan yunani kuno, berikut gambar sandal yunani :






dan di Indonesia pun sendal kayu seperti sendal jepang juga populer di daerah padang. ibuku sering menyebutnya dengan sebutan "Tengkelek". Kemajuan teknologi menjadikan sendal tidak hanya sebatas alas kaki namun juga sebagai terapi penyebuhan penyakit, seperti penyakit rematik, biasanya orang2 rematik menggunakan sendal seperti ini :







Mmmm.... begitu banyak jenis sendal dijaman sekarang... kalo dipikir2 kapan ya bakal muncul sendal-sendal cangih dan hightech yang bisa ngeluarin api dari belakang atau hanya sekedar sebagai alat transportasi baru bisa terbang dengan sendal..... :D semoga saja bisa :D

3 komentar:

Anonim mengatakan...

hmmm namanya juga menerapkan prinsip, buang yang buruk, ambil yang baiknya :D
salam kenal, mas . such a nice blog :)

Au' mengatakan...

OOT : Bayangin Ilham pake sepatu sandal yg paling atas ;))

Anonim mengatakan...

seperti kata sang khotbah!
tinggalkan yang buruk dan ambillah yang baik!
wekekekeke!