Senin, 01 Desember 2008

Carmuk, No Way !!

Salah Satu sifat yang menurut saya sangat merugikan orang disekitarnya ialah CARMUK alias Cari Muka, pasalnya orang yang mempunyai sifat ini pastilah sangat mudah untuk dideteksi atau diketahui. 

Biasanya, orang yang seperti ini selalu menunjukkan kelebihan-kelebihannya pada seseorang yang dia anggap lebih besar dari dia, baik itu derajat, jabatan, maupun status sosial dengan tujuan agar dia diperhatikan, dipuji dan selalu baik dimata pemujinya.

Terlalu menujuk nunjukan kemampuan atau kelebihan kita didepan seseorang dengan tujuan memperoleh pujian buat saya itu sangat tidak bagus, kenapa? sebab orang yang seperti ini tidak akan pernah mau mengalah dengan orang disekitar dia. Yang hanya dibenaknya adalah Bagaimana supaya orang yang menurutnya memiliki kekuatan besar baginya dapat tertarik atau jatuh hati kepadanya, dalam artian dia berusaha untuk tampil paling baik dimata seseorang yang memiliki peran besar dalam lingkungannya. 

Menurut pengalaman saya, sifat ini sangat sering saya jumpai ketika saya masih duduk di bangku SMA. Saat itu persaingan akademik dan prestasi yang lain sangat ketat dikelas saya. Saya masih kelas 2 SMA, dan saat itu saya memiliki 1 orang teman yang juga masuk dalam kategori orang yang pandai dikelas. Jadi ceritanya kami berdua pada saingan memperebutkan untuk bisa menjadi juara kelas di semester pertama.

Beragam upaya saya lakukan hingga nilai kami berdua tidak jauh berbeda. Namun saya masih ingat sekali, ketika itu nilai teman saya tersebut sempat jatuh dipelajaran Sejarah, kebetulan untuk mata pelajaran itu saya sudah mempersiapkan diri matang-matang agar dapat menjawab pertanyaan diujian kenaikan kelas dengan benar.

Hingga waktu pembagian raport itu tiba, saya ternyata kalah dari dia. Kesal bercampur marah menjadi satu saat itu. Rasanya saya ingin protes kenapa saya bisa kalah dari dia, padahal jelas-jelas nilai dia banyak yang anjlok. Awalnya saya sempat curiga akan tingkah laku dia yang saya niali cukup berlebihan.

Dia sering membawakan makanan untuk wali kelas kami pada saat itu, lalu selalu bersikap baik di depan wali kelas kami, dan sok sibuk jika wali kelas kami memerlukan sesuatu sehingga kesannya dialah satu-satunya anak teladan dimata wali kelas kami. Jujur saya sangat tidak pandai dalah hal Cari muka. Sebab buat saya bersikap apa adanya jauh lebih baik ketimbang harus berpura-pura lebih baik dari pada yang lain dengan tujuan tertentu.

Orang dengan sifat ini juga buat saya sangat berbahaya jika ada dilingkungan kerja. Pasti kita akan dapat imbas dari perilaku yang menurut saya begitu Lebay. Nah solusi kita dalam menghadapi orang yang seperti ini adalah :

1. Jangan sekali-kali memberi dia pujian yang memang sebenarnya kita tidak ikhlas memberinya.

2. Usahakan untuk menggagali setiap upaya dia jika kita rasa yang ia lakukan adalah benar-benar Carmuk. Contoh : ketika dia sok bersih-bersih didepan bos kita dikantor, kita dapat melakukan pekerjaanya dengan cara bersama-sama sehingga dimata bos karyawan yang rajin adalah anda dan dia.

3. Jika anda rasa dia perlu di sentil dengan sindiran halus, lakukanlah tapi ingat tetap dalam batas yang wajar, dan jangan lakukan didepan orang banyak. Mungkin hal itu dapat membantu agar dia sadar akan kesalahan itu.

Sekian cerita pengalaman saya, mungkin bagi teman-teman ada yang punya pendapat yang lain, soook.. atuh di komentari postingan saya, heheeh 

13 komentar:

URL mengatakan...

Orang yang carmuk selalu ada di mana mana. Di setiap komunitas akan selalu ada orang yg spt itu.

Biasanya sih, bakatnya sudah keliatan sejak orang itu dibangku sekolah. Saya juga pernah mengalami hal yg sama saat di SMP. Semester pertama saya dibawah dia. Padahal di bsa rangking 1 karena dia dekat dg guru dan juga menyontek. Sakit hati juga saat itu. Namun berkat dorongan dari teman teman, saya makin semangat mengalahkannya dg tetap berada dalam koridor saya. Akhirnya saat kenaikan kelas, saya dapat mengunggulinya. Wuih puas rasanya.

Tks ya sharingnya

Arten mengatakan...

carmuk-ri = cakar muka sendiri.. hehe..

awi mengatakan...

males banget kenal ama orang2 yg suka cari muka, dimana2 kerjanya menjilat terus, salam kenal

Hijrah carmuk mengatakan...

Waduh,pada ngomongin aku ya?duh,duh,jadi enak ni..jadi pengen senyum2 terus.hehe.
emang ga enak kalo kmana-mana ga ada muka.mau ngapa2in susah!mau baca susah,dan sepertinya teman2 malu bermain denganku.
sering temen2ku nanya,'kamu ngantuk ya?!ayo,sana cari muka!'.
Makanya,aku sering ngerasa minder..tapi alhamdulillah,aku masih bisa bersyukur karena ada temanku yg lebih parah,dia sering cari muka tengah malam. APA?? Kalian kenal juga?iya,dia sering disebut Muka Rata,padahal nama aslinya Tata. Kasian ya,udah cari muka,malam2 pula..ya susah..
Mudah2an,teman2 yg sudah dengar curahan hatiku bisa memahami kenapa aku sering cari muka,dan kalo bisa menerima dengan ikhlas di lingkungan kalian..please!
Btw,ada yg lihat mukaku ga?(yach,cari muka lagi dech)..

RJ mengatakan...

Numpang parkir ..baca2 artikel..kulo nuwun ...

btw, salam kenal,Mas

Mas koko mengatakan...

Carmuk... ga' jauh beda dengan riya' dan itu sangat dilarang agama

Papa Dio mengatakan...

cari muka idem gak dengan penjilat ??

trendy mengatakan...

aku sering am caru muka...!
tapi cari mukanya samo pacar aku~!
wekekkeeke!

Nike mengatakan...

kalo kehilangan muka, perlu ga cari muka? :p

Aan mengatakan...

ehm... carmuk=penjilat kah..? santai bro. Ya, sudah sangat sering ketemu orang seperti lawan, hajar... tampilin aja dulu diri kita better.

mencobahidup mengatakan...

Wah bang Ilham kalau masalah carmuk memang menyebalkan bangets deh, apalagi kalau carmuknya itu harus mengorbankan orang yang ada didekatnya(ngerti khan).

Tapi kadang di dunia perblogan kita juga suka carmuk?!?

mencobahidup mengatakan...

ha............ha78x....Gak bisa nahan tawa kebetulan ada yang komen namanya carmuk juga

sarah mengatakan...

og yg carmuk itu mmg klo bukan g pd, jg g bs apa2...hehe..atau ad jg yg sok kPDan...
:)
tp, cuekin aj yg penting Qta g kayak gitu ah...
aQ numpang carmuk disini aj...heheh *ditimpuk sm si empunya blog*