Selasa, 14 Oktober 2008

Peran kita dibalik dunia maya

Pasca lebaran ini entah apa yang membuat saya sangat malas dan malas sekali untuk mengurus blog saya ini lagi, padahal selama liburan lebaran kemarin saya sudah banyak mengumpulkan ide untuk "My Bloggy" kesayangan ku ini..?

Topik tentang dunia internet atau yang akrab disebut dunia maya ini sayangtlah hangat dan tidak habisnya untuk dibicarakan, selain menambah wawasan kita akan teknologi internet, mengupas yang satu ini terkadang membuat kita tidak akan habis mencintai layanan yang dapat menghubungkan kita kepada orang dari belahan dunia manapun.

Dulu sebelum muncul yang namanya blog, saya suka sekali yang namanya "Chatting", pekerjaan ini saya lakoni ketika saya baru pertama kali kenal yang namanya "Internet" ditahun 2005, saat itu sedang libur sekolah semester pertama di bangku SMA, cukup merasa sedikit capek dalam artian capek uangnya karena pada waktu itu tarif warnet cukup mahal dan tidak sebanding dengan uang saku yang diberikan orangtua ku tiap harinya, setelah itu saya pun mencari siasat bagaimana caranya agar saya bisa berChatting ria tanpa mengeluarkan biaya besar, disinilah saya kenal PalComTech, Sebuah lembaga yang menawarkan kursus komputer + akses internet gratis tiap harinya, pada saat itu saya merasa "Gw Bangeet", alhasil jadilah saya alumni angkatan pertama di PalComTech Jambi.(ini bukan berarti promo lo)

Chatting? ya Chatting dengan program Mirc ini bagi saya sangat mengasyikkan, entah kenapa ada kepuasan sendiri ketika sedang melakukan pekerjaan "Chatting", saya menganggap bahwa Chatting bukan hanya sekedar ASL PLS, tapi juga ajang cari link ( kenalan) atau sekedar cari pasangan alias pacar.(namun sampe sekarang belum juga dapat pacar lewat dunia maya).

Ketika masa itu, selain chatting dan chatting pekerjaan saya itu mengotak atik Friendster, ya sebuah situs yang menyajikan jejaring sosial agar dapat menambah pertemenan di seluruh nusantara dan dunia, bagi saya mempelajari ilmu komputer dengan langsung terjun ke lapangan memang memiliki nilai plus ketimbang membaca buku dan hanya bisa membayangkan nya saja.
Bahkan pada masa itu juga kegiatan sehari-hari saya terus dan terus didepan komputer dari pagi sampe sore bahkan tanpa makan siang sekalipun. Kalau dipikir-pikir sangat aneh sekali kenapa saya bisa bertahan pada masa itu, apakah dengan internet sudah bisa mengenyangkan perut??

Yups jawabnnya bisa !!... ya, semua pengguna internet pasti tau kenapa saya jawab internet bisa mengenyangkan perut, hal ini saya sorot dari segi "bisnis online internet", yups tidak dipungkiri memulai bisnis di dunia maya akhir-akhir ini sudah cukup familiar di telinga pengguna internet, berbagai buku dan e-booknya telah beredar dimulai tehnik SEO ( search Engine Optimization) hingga MLM ( multilevel marketing) dikalangan pengguna Internet. Google Adsense pun menjadi hal yang sangat digandrungi para pengguna internet, terutama Blogger.

Menurut pandangan Saya, ketika sedang Online di Internet kita seola-olah menjalankan peran yang berbeda dikehidupan nyata, hal ini saya lihat dari beberapa tingah para orang-orang yang online di Internet sangatlah bertolak belakang ketika Bertatap muka di Kehidupan nyata.

Dan dari beberapa yang saya interview mengenai tanggapan mereka akan layanan internet, banyak yang berpendapat bawah "internet itu ajang cari teman sebanyak-banyak mungkin", hal itu saya aku, mengingat beberapa dari orang yang saya lihat di internet dan dari blog yang mereka punya, memang ada sebagian besar orang yang menjadikan ajang internet hanya sekedar cari teman atau realtionship demi kepuasan batin sendiri, mereka sangat puas jika namanya sangat dikenal didunia internet alias Selebriti Blog ketimbang jadi Selebriti Beneran.

Ini dapat kita simpulkan bahwa memang benar, Manusia itu Mahkluk Sosial, makhluk yang tidak bisa hidup tanpa orang lain, menjadi orang yang dikenal orang banyak sangatlah menyenangkan bagi saya, banyak pengalaman-pengalaman yang mengajarkan saya bahwa betapa bahagianya jika mempunyai banyak kenalan, serasa senyum ini tidak mudah dilepas ketika bertemu kenalan. Ada juga sebagian orang memporsikan penggunaan Internetnya hanya sekedar ajang cari uang alias bisnis dengan menyediakan berbagai content semenarik mulai download mp3 gratis sampai menyediakan source.

Kembali lagi kemasing-masing diri sendiri, apapun peran anda didunia maya semua pasti mempunyai tujuan masing-masing, entah itu hanya sekerang socialnya, atau netpreneur (pelaku bisnis internet) atau dua-duanya semua pasti memiliki dampak positif bagi orang itu sendiri.

1 komentar:

m1ch3l mengatakan...

Peran Kita dibalik dunia maya :-/

Maksudnya apa-2 yang kita lakukan di dunia maya. klo gw lebih banyak mencari "resources" untuk keperluan di dunia nyata.

Sehingg bisa jadi terbalik topicnya jadi Peran Dunia Maya untuk Kita.