Rabu, 15 Oktober 2008

10 tips menghemat uang makan


Makan merupakan hal yang sangat sering dilakukan oleh setiap makhluk hidup untuk menjaga kelangsungan hidupnya, namun dewasa ini banyak orang yang malah menderita akibat makanan.

Memakan makanan yang bergizi tiap harinya mungkin agak sedikit susah untuk dilakukan bagi para anak kost, disamping untuk menghemat biaya tidak jarang anak kost yang mengambil jalan "Puasa" sebagai jalan untuk menutupi jika biaya makan yang didapat tiap bulannya tidak cukup.

Hal ini juga saya alami, saya yang sekarang masih berstatus anak kost juga merasakan hal yang sama, ketika kiriman orang tua hanya cukup untuk biaya tempat tinggal dan uang kuliah maka yang saya lakukan adalah memangkas uang makan sehemat mungkin. Dulu ketika belum jadi anak kost jumlah makan saya bisa sampe 4x dalam sehari, namun ketika sudah menjadi anak kost dengan berbagai macam persoalan, rasanya itu membuat saya untuk dituntut agar bisa pintar dalam hal mengolah uang, terutama uang makan.

Berikut tips dari saya khususnya bagi anak kost yang ingin bisa makan enak namun cukup menyenangkan :

1. Mulailah dengan merubah kebiasaan dari makan 3x sehari menjadi 2x sehari.

2. Belilah Makanan yang murah meriah namun cukup bergizi, seperti Nasi Tempe atau Nasi telur yang mungkin rata-rata sekarang berkisar Rp.5000 perbungkusnya.

3. Hindari makan nasi padang, disamping harganya relatif mahal, komposisi nasi padang terkadang tidak memenuhi standar makanan 4 sehat 5 sempurna dengan kata lain sayuran nya sedikidikit, tetpai banyaklah santan dan cabenya. Hal ini membuat perut menjadi tidak teratur alhasil banyak sakitnya ketimbang sehatnya (padahal kalo sakit justru bisa membutuhkan biaya lebih besar)

4. Jika ingin makan Nasi yang berprotein tinggi, lebih baik memilih Nasi Ikan ketimbang Nasi Ayam, karena disamping harga nasi ikan lebih murah nutrisi ikan jauh lebih baik dibanding dengan ayam. Biasanya beda harga nasi ikan dengan ayam antara Rp. 1000 s/d Rp. 2000

5. Kurangi makan jajanan seperti pempek, bakso atau Nasi gorang, karena makanan seperti bakso atau sejenisnya memiliki kandungan gizi yang sangat buruk, namun jika ingin makanan ringan pilihlah Roti sebagai penggantinya.

6. Jika masih ngebet juga ingin makan Nasi Ayam, maka pilihlah Bubur Ayam ketimbang Nasi Ayam, kan sama-sama ada daging ayamnya dan Bubur Ayam jauh lebih murah dibading Nasi Ayam. Harga Bubur Ayam cuma Rp. 3000 sampai Rp. 4000 dibanding dengan Nasi Ayam yang saat ini mencapai Rp. 10.000

7. Jika ingin buah-buahan belilah buahan yang banyak tapi murah seperti Pepaya atau Pisang, Pepaya atau Pisang jauh lebih murah ketimbang Buah Apel atau Jeruk Sunkis. Satu buah Pepaya kini berharga sekitar Rp. 5000 sampe Rp.7500 untuk ukuran yang besar, ini jauh lebih baik ketimbang Buah Apel yang mencapat Rp. 21.000 /kg. Dari segi kandungan gizi, menurut saya semua buah-buahan sama, sama-sama akan kaya vitamin dan mineralnya.

8. Jika ingin Sarapan pagi hindarilah Makan Mie Instant, walaupun harganya murah dan praktis penyajiannya, tetapi mie instant bukan pilihan yang tepat untuk pengganti sarapan pagi karena mie instant banyak mengandung msg (monosodium glutomate) dan zat pengawet yang justru merugikan kesehatan, Gantilah dengan Nasi Uduk atau Lontong sayur, harganya standar antara Rp. 2500 sampai Rp.3500.

9. Bagi anda yang jarang masak atau tidak sempat memasak alangkah baiknya jika mengganti pola membeli makanan saji menjadi makanan yang sedikit disaji, maksudnya membawa bekal nasi putih dari rumah atau tempat kost dan membeli lauknya di toko nasi, anda bisa menghemat Ro.3000 sampai Rp. 5000 ketimbang beli makanan saji.

10. Yang terkahir, tetap kebiasaan puasa senin dan kamis bagi anda yang muslim menjadi alternatif yang baik dalam menghemat uang makan, tetapi inget nawaitunya (niat) bukan untuk hemat uang ya? tetapi karena Allah semata. Ntar puasanya gak ada pahalanya dong, yang ada lapar yang dapet, tetapi Pahalanya gak dapet.

Ok sekian tips dari saya dalam menghemat uang makan namun tetap sehat dan terjaga stamina :), semoga bisa menjadi alternatif bagi anda terutama anak kost yang ingin merampingkan pengeluaran. Semoga Berhasil

3 komentar:

ezZa mengatakan...

skalian be puaso tiap hari...

wakakkakakakak...

Fr13ndeR mengatakan...

terlalu di hitung2...

kalau bener-bener nak hemat.. cak aku bee...

sarapan, makan siang dan malam udah jadi satu paket.. kalau nak dapet amal lemak puaso be..

nah kalu nak makan lebih dari 1x.. banyak-banyak silaturahim be.. kareno selain medapatkan saudara.. terkadang kito diajak makan..

contohnyo kemaren : sarapan pagi dirumah tantenyo temen aku, makan siang dirumah omnyo... wah... jadilah.. irit nian...

wakakakaka

mo co ba?

trendy mengatakan...

gorengan satunya 500 rupiah!
beli 4 2000 rupiah!
kenyang nggak, duit habis, mending beli jelly drink sekalian!
wkekekekek!