Senin, 22 September 2008

Kue Lebaran, Variasi yang menggiurkan

Kira-kira sekitar 7 Hari lagi, umat islam diseluruh dunia akan merayakan yang namanya hari raya Idul Fitri.. mmm.... jadi gak sabar nunggu hari lebaran tiba...
Sebagai orang perantauan... saya pun tahun ini akan mudik ke kampung halaman saya di jambi, rencananya saya mudik sekitar hari minggu atau H-3, karena kantor saya baru libur tanggal 28 september 2008. Do'ain ya supaya saya masih kebagian tiket.. :D

Mengingat kebiasaan ketika seminggu sebelum lebaran dimulai, pastilah saya sangat kangen sekali dengan yang namanya acara masak kue dirumah.. dulunya saya terkadang suka membantu ibu dirumah yang sedang membuat kue lebaran... seperti biasa kue kastangel menjadi penghias meja tamu di hari raya lebaran.

Selain kastengel biasanya ibu saya suka menyediakan makanan lain, seperti dodol, kue sarang semut, bolu cokelat, dan beberapa makanan lainnya. Berhubung kastengel yang paling sering dibuat, terkadang ibu saya suka bingung pengen buat kastengel apa?

Kastengel adalah kue kering yang biasanya dibuat dari campuran mentega dan sedikit tepung, dicetak kecil-kecil dan diberi hiasan sejenis cokelat atau permen.. dan disajikan kedalam toples lalu diletakkan diatas meja tamu pada hari raya lebaran.

Kalo zaman dulu kastengel cuma sedikit variasinya, antara lain kastengel yang paling terkenal yaitu : putri salju, nastar, lidah kucing dan ada yang namanya kue satu atau kue bangkit. Namun sekarang kastengel banyak sekali variasinya.. bahkan bisnis kastengel pun sudah mulai dianut oleh beberapa kelompok industri rumah tangga.

Memang kalau zaman dulu bisnis ini belum begitu diminati, hal ini dilihat dari banyak nya warga yang pada umumnya membuat sendiri kastengel dirumah. Tetapi beberapa tahun belakangan ini kesibukan menjadi alasan utama untuk mengambil keputusan lebih baik membeli dari pada buat sendiri...?

Beberapa survei mengatakan, kalau membeli kastengel yang sudah jadi memang sedikit rugi, disamping harganya mahal, juga kue yang didapat cuma sedikit, dibandingkan orang yang membeli bahan dan membuatnya sendiri dirumah. Bisnis kastengel memang bisnis musiman, biasanya cuma ada pada sebulan sebelum hari besar keagamaan, bisnis ini memang sulit dilakukan. ..mengingat resiko kegagalannya cukup besar. antara lain harus mempunyai pelanggan yang sekiranya sudah mengetahui rasa dari kue yang kita buat, terlebih lagi proses produksi kue sangat vital karena dalam pelaksanaannya jika kue gosong kan gak bisa dijual lagi ?

Kastengel memang enak kalau dimakan berasama minuman seperti coca-cola, sprite, dan beberapa minuman kaleng lainnya.. tetapi menurut pengalaman saya.. pada umumnya orang sudah jarang menggunakan produk minuman bergas untuk hari raya, kebanyakan sudah beralih ke minuman kaleng lainnya seperti, cincau, teh krisan, sarang burung walet dan beberapa minuman lain seperti green tea.. mmm menurut saya itu jauh lebih baik...

Nah berikut variasi dari kastengel, mungkin bisa menjadi inspirasi bagi anda yang sedang menyiapakan hidangan kue di hari raya tiba :)

( kue puteri salju)


( Lidah Kucing Chocochips )


( kastengel creamy)


(wafer cheese cookies)


(Butter Milk Biscuit)

foto-foto : sumber dari dapurkue.com
Selamat Menikmati ^_^

4 komentar:

Ranny Rachma Suci mengatakan...

lebaran ke rumah yah aku buat brownies,cup cake,puding, otak-otak dll (kok malah jadi pamer)

jafis mengatakan...

kue-kue...ada yang mau beli nggak

kue-kue

*jaulan mode "on"

rezKY p-RA-tama mengatakan...

wew,,,makanan semua neh!

Mas Koko mengatakan...

” Sebelum saya pulang, sebelum takbir mengumandang, sebelum sms bertebaran, dan sebelum bandwicth 1024 Mb menghilang, saya mengucapkan Selamat Hari Raya 1429 H , Minal aidin wal faidzin , mohon maaf lahir bathin, Taqabbalallahu minna wa minkum”