Rabu, 06 Agustus 2008

"Lomba Makan Kerupuk" Allways and Forever



Tanggal 17 agustus nanti adalah hari kemerdekaan republik Indonesia, pada tahun 2008 ini tanggal merah yang hanya ada pada tanggal 17 sekarang sudah bertambah satu yaitu pada tanggal 18, asyik... 2 hari libur..

Ngomong - ngomong soal 17 agustus, saya jadi ingat ketika saya masih kecil dulu, setiap tanggal 17 dikampung kami selalu mengadakan berbagai macam lomba dan acara, seperti lomba makan kerupuk, lomba joged balon, lomba panjat pinang dan masih banyak lagi.

setelah itu di malam harinya pasti ada acara organ tunggal atau band di iringi pegumuman pemenang lomba dan acara-acara lainnya. Review jenis-jenis aneka lomba di tanggal 17 saya jadi rindu dengan lomba tersebut, namun apa daya sekarang sudah tidak bisa lagi ikut lomba 17-an karena disibukkan dengan pekerjaan dan umur yang tidak pantas lagi. :D

Ada Cerkil (cerita kecil) dari kisah 17an, waktu itu saya masih kelas 3 SD, saya dan keluarga baru pindah dalam artian penduduk baru di kampung itu, pas pada saat hari itu hari 17an, saya diajak oleh teman saya untuk ikutan berbagai macam lomba, salah satunya "Lomba Makan Kerupuk".

Lomba Makan kerupuk adalah salah satu lomba tradisional yang sangat populer, sampai sekarang pun lomba ini masih tetap eksis di setiap acara 17an, biasanya lomba ini menggunakan makanan kerupuk dan diperlombakan, kerupuk diikat dengan tali plastik atau sejenisnya lalu digantung diatas mulut peserta, tepatnya di depan mata peserta, lalu peserta diminta untuk memakan kerupuk sampai habis, barang siapa yang duluan menghabisi maka dia yang menang. yang membuat kita sulit untuk menghabisi kerupuk dikarenakan ada peraturan yaitu tidak menggunakan tangan dalam proses penghabisan kerupuk, tangan peserta diikat dibelakang dan mulut lah yang harus bekerja.

Nah... entah kenapa setiap 17an saya selalu menjadi juaranya, salah satunya lomba ini, tak tik saya dalam memenangkan lomba ini adalah sengaja dengan tidak makan dari pagi, lalu ketika pertandingan dimulai saya pun dengan lahapnya menghabiskan kerupuk itu sampai sampai memutuskan tali pengikatnya, wew.. sepertinya saya buas sekali ya..

selain Lomba makan kerupuk, lomba lompat karung dan lomba mencari uang dalam tepung juga saya juarai di masa itu, banyak sekali trik trik yang saya gunakan untuk memnangkan lomba tersebut, sangking banyaknya lomba yang saya juarai hadiah lomba tersebut selalu bertumpuk di kamar saya, karena dari tahun ke tahun hadianya berupa buku tulis jadi buku-buku itu saya sumbangkan ke adik saya, secara waktu itu saya sudah sering sekali dapat buku tulis hingga rak buku saya penuh.. :)

Jadi hari raya kemerdekaan RI tidak lengkap kalo tidak ada lomba makan kerupuk dan tentunya lomba panjat pingang yang menjadi icon dari perayaan hari beresejarah ini..

1 komentar:

Anonim mengatakan...

yang pasti kalo masih dibolehi ikut, aku nak ikut lagi!
wekekek!